Pages

Tuesday, January 15, 2019

Tanda-tanda Mau Melahirkan

Tanda-tanda  Mau Melahirkan

Pada umumnya Wanita hamil,sebelum tiba waktu bersalin, akan mengalami tanda-tanda melahirkan. Melahirkan merupakan proses yang panjang dan melelahkan. Akan tetapi, tidak semua wanita mengalami tanda-tanda melahirkan yang sama dengan orang lain.

Mka untuk mempersiapkan diri dan pakaian serta peralatan lain yang dibutuhkan pada saat menghadapi persalinan, Anda bisa memerhatikan munculnya tanda-tanda melahirkan. Biasanya tanda-tanda melahirkan terjadi beberapa minggu atau beberapa hari sebelum persalinan.

1. Bayi Anda merosot turun
Sekitar satu sampai empat minggu sebelum persalinan dimulai, Anda mungkin merasa bayi Anda “merosot” atau turun ke panggul anda  dikenal sebagai “pengenduran”. Ini berarti bayi sedang mengatur ulang tubuhnya ke posisi kepala di bawah dalam persiapan untuk kelahiran.

2. Leher rahim membuka
Sementara tubuh mempersiapkan untuk kelahiran bayi Anda, tanda melahirkan sudah dekat dimulai dengan leher rahim yang mulai melar dan menipis pada minggu-minggu atau beberapa hari  terakhir sebelum persalinan, tapi hanya sedikit. 

3. Kram perut dan nyeri punggung yang semakin parah
Menjelang dan selama persalinan, Anda mungkin merasa tekanan atau kram di daerah panggul dan dubur. Anda juga mungkin mengeluhkan nyeri di area paha dan punggung bawah, terutama jika ini bukan kehamilan pertama Anda. Otot dan sendi tubuh Anda sedang merenggang dan bergeser sebagai persiapan kelahiran.

4. Diare dan mual-muntah
Hormon yang diproduksi oleh tubuh Anda untuk memudahkan kelahiran bayi Anda juga dapat merangsang usus Anda untuk bergerak lebih sering yang dapat mengakibatkan Anda jadi lebih rutin bolak-balik ke kamar mandi, untuk muntah atau karena diare. Mungkin mengganggu, tapi ini adalah reaksi alami tubuh. 

5. Turun berat badan
Menjelang akhir kehamilan Anda, peningkatan berat badan akan berhenti. Sebagai gantinya, berat badan Anda akan stabil atau mulai kehilangan berat badan. Hal ini normal dan tak perlu banyak dicemaskan karena tidak akan mempengaruhi berat badan bayi saat lahir. 

6. Anda merasa sangat lelah dan lebih sering tidur siang
Perut yang makin hari makin membesar dan juga sistem pencernaan yang semakin berantakan dapat membuat Anda sulit tidur nyenyak di malam hari, sehingga Anda cenderung untuk memilih menutup mata barang sejam-dua jam selama matahari masih bersinar terik.

7. Cairan keputihan yang lebih kental dan berwarna kemerahan
Satu tanda melahirkan sudah sangat dekat adalah keluarnya cairan vagina seperti keputihan, namun lebih kental dan cenderung berwarna merah muda, kemerahan, atau kecokelatan.

8. Pola kontraksi yang kuat dan teratur
Kontraksi rahim pada awalnya akan berpola tidak beraturan dan muncul jarang-jarang. Ini disebut sebagai kontraksi Braxton Hicks, namun bukan tanda melahirkan yang sebenarnya.

9. Air ketuban pecah
Air ketuban pecah adalah salah satu tanda pasti bahwa melahirkan sudah sangat dekat. Tapi, ini tak selalu terjadi di awal sebelum Anda masuk ke ruang bersalin dan hanya sekitar 15-20 persen wanita hamil yang mengalami pecahnya ketuban sebelum persalinan dimulai.

Tanda-tanda  Mau Melahirkan


Pada saat ketuban pecah, bayi tak lagi dikelilingi oleh bantalan pelindung, sehingga lebih rentan terkena infeksi. Ini sebabnya mengapa dokter dan bidan ingin melahirkan bayi dalam satu atau dua hari dari pecahnya ketuban anda,supaya bayi tidak terjadi kesulitan dalam melahirkan.

Sekian informasi dari saya tentang proses persalinan dengan baik,,,semoga bermanfaat.

1 komentar

Doctor NEO December 27, 2020 at 7:22 PM
This comment has been removed by the author.

Post a Comment